Management Accounting adalah Sistem Bisnis Yang Penting

Management accounting adalah bagian dari proses bisnis yang terkait dengan administasi keuangan yang bertujuan membantu management perusahaan secara cepat membaca situasi keuangan perusahaan dan mempermudah pengambilan keputusan.

Management accounting meliputi:

  1. Sistem Penjualan
  2. Sistem Pembelian
  3. Sistem pengelolaan stock
  4. Sistem pembiayaan
  5. Sistem akuntansi

Kesemuanya harus saling terkait dan dapat dilihat secara mudah dan cepat dengan sebuah dashboard perusahaan. Dengan dashboard tersebut perusahaan dapat secara mudah membaca keadaan perusahaan dan secara cepat melakukan pengambilan keputusan.

Laporan Yang Perlu Tampil Dalam Management Accounting adalah:

  1. Posisi keuangan / Harta Perusahaan
    • berapa harta perusahaan saat ini
    • dalam bentuk apa harta perusahaan saat ini
    • apakah perusahaan memiliki piutang, di mana saja piutang tersebut?
    • apakah perusahaan memiliki persediaan, ada berapa jumlah persediaan dalam bentuk kuantitas maupun nilai keuangannya
    • apakah perusahaan juga memiliki hutang? hutang ke kreditur mana?
  2. Laba Rugi di Tahun Berjalan / Laba Rugi Tiap Bulannya
    • pendapatan apa yang membuat perusahaan anda beruntung?
    • biaya apa yang menjadi beban perusahaan?
  3. Laporan Persediaan
    • dengan sistem yang dapat melihat persediaan secara cepat, maka management juga dapat membuat keputusan dengan cepat
    • apakah harus segera membeli produk tertentu, atau harus menunda
    • produk mana yang harus disediakan dalam skala besar
    • produk mana yang bisa dibuat indent; ketika kondisi keuangan tidak bagus menjual produk dengan cara pemesanan atau PO adalah strategi yang lazim digunakan oleh perusahaan dagang
  4. Laporan Penjualan
    • produk mana yang paling laris
    • produk mana yang paling menguntungkan
  5. Laporan Pelanggan
    • pelanggan mana yang paling sering melakukan pembelian
    • pelanggan mana yang paling besar transaksinya
    • pelanggan mana yang pembayarannya lebih kecil daripada nilai transaksinya
    • mengetahui hal tersebut dapat membantu perbaikan pada sistem loyalitas pelanggan

Dengan laporan-laporan tersebut dalam 1 dashboard maka management dapat dengan mudah mengambil keputusan-keputusan penting untuk memperbaiki operasional perusahaan. Dalam Ruas Accounting semua hal di atas sudah tersedia dalam 1 dashboard, masing-masing divisi dapat memiliki tampilan berbeda-beda disesuaikan rulesnya.

Management Accounting adalah Sistem Bisnis Yang Penting